Figure

|

17 October, 2025

APLGI Perdana Selenggarakan Indonesia Golf Festival

Bambang Setiawan (Direktur Event Satoe Event), H. M Tachril Sapi’ie (Ketua Umum APLGI), Sian Christine Wiradinata (Ketua Panitia Penyelenggara IGF), Feliks Hariyanto (Sekjen APLGI)

JAKARTA – Indonesia Golf Festival (IGF) 2025 akan diselenggarakan di ICE BSD, Banten, 24-26 Oktober. Acara pameran golf terbesar di Indonesia ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemilik Lapangan Golf Indonesia (APLGI) bekerjasama dengan PT Satu Tujuan Event (Satue). Mereka juga mendapat dukungan dari Persatuan Golf Indonesia (PGI), Golf Club Manager Association of Indonesia (GCMAI), dan Asosiasi Superintendent Golf Indonesia (ASPGI).

“Indonesia Golf Festival merupakan event perdana kami, dimana diharapkan bisa menjadi tonggak penting dalam memperkuat ekosistem dan memperluas pasar industri golf di Indonesia,” kata H.M Tachril Sapi’ie, Ketua Umum APLGI dalam press conference yang diselenggarakan di Damai Indah Golf, BSD Course, Kamis (16/10). Asosiasi yang berdiri sejak 19 Juli 1995 memiliki anggota sebanyak  60 lapangan golf yang tersebar di 16 provinsi. Dengan populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 300 juta jiwa, potensi pengembangan industri golf dinilai sangat besar.

Golf saat ini tak lagi dipandang sebagai olahraga eksklusif. Dalam beberapa tahun terakhir, golf berkembang menjaddi gaya hidup aktif dan terbuka yang menarik minat gen Z, milenial, perempuan, dan komunitas profesional lintas bidang. Fenomena ini menandai perubahan besar dalam dunia golf yang kini lebih inklusif, dinamis, dan berorientasi pada gaya hidup sehat.

Golf bukan sekedar olahraga, tapi juga menjadi industri yang ikut berperan mendukung pembangunan negara. “Indonesia Golf Festival diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Karena banyak sektor bisnis gaya hidup golf yang ditampilkan, diantaranya aksesoris, peralatan golf, golf simulator, golf cart distributor, golf tours and travel, coaching dan produk terkait lainnya,” jelas Sian Christine Wiradinata, Ketua Panitia Penyelenggara IGF.

Bambang Setiawan selaku Direktur Satue Event menjelaskan, dalam acara ini mereka akan memperkenalkan golf secara lebih luas sebagai aktivitas yang dapat dinikmati siapa pun, sekaligus membuka peluang kolaborasi lintas industri yang prospektif. IGFdirancang khusus bukan hanya sebagai pameran, melainkan sebagai ajang interaktif yang mengajak pengunjung merasakan langsung pengalaman “Experience the Game, Celebrating the Sport” untuk semua kalangan.

Para pengunjung akan diajak merasakan keseruan golf secara langsung. Selain ini mereka juga bisa memahami bahwa golf memiliki ekosistem yang hangat, dinamis, dan penuh peluang, layaknya olahraga populer lainnya.

Area pameran kurang lebih seluas 2.600 meter persegi dan diisi lebih dari 90 exhibitor serta 100 brand lebih akan berpartisipasi dalam pameran ini. Didukung Bank BCA sebagai official sponsor. Selain itu, Prudential sebagai insurance sponsor daan PGM sebagai official golf equipment partner.

Satoe Event menargetkan sebanyak 30 ribu pengunjung akan memadati pameran ini dan transaksi yang dihasilkan bisa mencapai Rp 100 miliar. Harga tiket masuk sebesar Rp 35 ribu per orang pada weekday dan Rp 50 ribu pada weekend.